Minggu, 17 Oktober 2010

7 Langkah Menjadi Pengusaha Sukses

Siapa sih yang tidak ingin sukses? Pertanyaan demikian mungkin ada dalam hati setiap orang yang hidup didunia ini. Setiap orang memiliki niat dan tujuan untuk menjadi orang sukses, namun tidak semuanya dapat berhasil meraihnya karena kesuksesan itu sangat bergantung kepada tingkat “kemauan” yang dimiliki. Ada orang yang memiliki kemauan minimal, maka kesuksesan yang akan diraihnya juga minimal. Sebaliknya, jika orang tersebut memiliki kemauan optimal, maka kesuksesan yang diperolehnya akan semaksimal usahanya. Jadi intinya adalah semuanya kembali diri kita pribadi, mau menjadi sukses dalam jangka waktu pendek atau panjang. Kita sendiri yang menentukan…
Berikut ini saya berikan langkah-langkah yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur agar dirinya bisa berhasil, antara lain:
1. Semuanya Berawal dari Impian dan Imajinasi
Setiap orang tentunya memiliki impian dan imajinasi. Alat-alat yang banyak kita gunakan saat ini seperti: lampu, listrik, pesawat, mobil, motor, dan lain-lain merupakan wujud nyata dari impian dan imajinasi yang dimiliki oleh para penemunya. Tentunya impian dan imajinasi tersebut harus dituangkan dalam bentuk nyata, yakinlah dengan apa yang kita miliki dan jangan pernah takut untuk mencoba. Seseorang yang memiliki impian dan daya imajinasi yang kuat pada umumnya mampu menciptakan dan membuat satu terobosan, dalam kamus mereka tidak ada kata “tidak bisa” ataupun “tidak mungkin”.
2. Mencintai Produk atau Jasa yang Ditawarkan
Biasanya pengusaha memilih jenis usaha yang akan dijalankan berdasarkan hobi dan kecintaanya terhadap jenis usahanya tersebut. Seseorang yang hobi mengajar tentunya akan memilih bidang usaha pendidikan seperti membuka lembaga pendidikan ataupun bimbingan belajar. Begitu juga jika orang tersebut hobi makan, pastinya usaha yang sesuai dengannya adalah usaha rumah makan. Kecintaan kita terhadap produk dan jasa yang ditawarkan akan meringankan beban kita dalam menghadapi halangan dan kesulitan yang datang menghampiri karena kita menjalankannya dengan senang hati.
3. Memiliki Sikap Ulet dan Berjiwa Optimis
Dua kata diatas merupakan kata kunci yang wajib dimiliki oleh setiap entrepreneur. Selalu optimis untuk meraih apa yang telah diimpikannya dan pantang menyerah akan menjadi tulang punggung keberhasilan sebuah usaha yang dijalankan. Orang yang ulet memiliki semangat pekerja keras dimana dirinya akan selalu memikirkan apa yang harus dilakukan demi mengembangkan usahanya. Jangan menjadi orang yang malas karena sikap malas dan ogah-ogahan hanya akan membuat diri Anda semakin hanyut dan tenggelam dalam arus persaingan yang sangat deras.
4. Berani Mengambil Resiko Kegagalan
Dalam menjalankan suatu usaha, kegagalan akan menjadi faktor resiko yang perlu dipertimbangkan. Banyak diantara para pengusaha yang baru bisa mencapai titik kesuksesan setelah mereka merasakan pahitnya kegagalan. Seorang pengusaha sukses memiliki pandangan bahwa kegagalan bukan akhir dari segalanya, melainkan kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.
5. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Baik
Menjadi pengusaha sukses harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Dalam prakteknya, para pembeli akan merasa sangat senang jika penjelasan mengenai produk dan jasa yang ditawarkan dapat disampaikan dengan bahasa yang santun. Dengan bahasa komunikasi yang sopan santun juga akan membuat Anda semakin mudah dalam menjalin relasi dengan pihak lain seperti: teman, mitra usaha, dan lain-lain.
6. Selalu Mencari Masukan dan Nasehat dari Orang Lain
Ada pepatah yang mengatakan “Pengalaman adalah guru yang paling berharga”. Sebagai pengusaha yang baru akan memulai usaha, masukan dan nasehat dari orang lain yang lebih berpengalaman dapat dijadikan sebagai bahan pelajaran Anda dalam menjalankan usaha. Gunakan insting kreativitas Anda untuk melakukan modifikasi berdasarkan pengalaman yang diceritakan untuk memperoleh satu terobosan, hal ini dilakukan untuk menghilangkan image Anda sebagai tukang tiru yang tidak memiliki inisiatif dan kreativitas.
7. Membuka Diri dari Perubahan yang Terjadi
Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap detik keadaan disekitar Anda selalu berubah sesuai ruang dan waktu. Terkadang hal tersebut akan berdampak pada usaha yang dijalankan sehingga Anda mesti melakukan penyesuaian berdasarkan perubahan yang terjadi. Teknik marketing yang Anda gunakan sekarang belum tentu masih bisa digunakan di masa yang akan datang. Belum lagi untuk jenis model, gaya hidup, serta trend yang sedang terjadi di masyarakat sedikit banyak akan berpengaruh pada usaha Anda. (DW)
dari : http://www.bloggerborneo.com/7-langkah-menjadi-pengusaha-sukses/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar